Minggu, 13 Desember 2015

Menelusuri Wisata Selam di Gorontalo

Pokok bahsan Wisata Bandung kali ini adalah Menelusuri Wisata Selam di Gorontalo. Propinsi Gorontalo yang terletak di pesisir utara teluk Tomini di Sulawesi, merupakan propinsi terpisah dari hasil pemekaran Propinsi Sulawesi Utara pada tahun 2001. Di bagian selatan propinsi Gorontalo merupakan lokasi penyelaman yang berupa tebing menjorok langsung ke dalam laut, hanya beberapa meter dari bibir pantai. Tebing ini adalah bagian dari Tebing Kontinental Sulawesi yang terkenal.
Gorontalo terletak di area Segi Tiga Terumbu Karang (Coral Triangle) memiliki biota laut yang paling bervariasi di muka bumi ini, dengan lebih dari 500 jenis terumbu karang keras, menjadikan area ini lebih dari sepuluh kali lebih kaya akan terumbu karang dibandingkan dengan semua laut Karibia di Amerika.
Bagaiman cukup menajubkan bukan Wisata Selam di Gorontalo? Masih banyak lagi kelebihan yang di miliki Wisata Selam di Gorontalo. Tenang saja Wisata Bandung akan melanjutkan kembali.
Keindahan bawah laut Gorontalo ini dinilai spektakuler. Dari ratusan titik penyelaman yang bisa dinikmati, baru 38 di antaranya yang telah diberi nama. Miguels Diving merupakan salah satu pihak yang berjasa dalam menemukan dan memberi nama titik-titik tersebut. Setiap titik diberi nama sesuai dengan ciri khasnya.
Perairan yang tenang karena tidak berarus, menjadi garansi utama bagi wisatawan yang gemar menyelam dalam (deep dive). Menyelam deep dive bisa dilakukan hampir di semua titik di perairan itu.
Sebuah pengalaman seru “cave dive” yang bisa dinikmati saat menyelam di Gua Jin, Taman Laut Olele di Kabupaten Bone Bolango. Gua Jin merupakan tebing karang yang terbelah membentuk sejumlah gua dengan ukuran berbeda-beda. Suasana misterius dengan keragaman biota lautnya membuat titik ini menjadi salah satu favorit penyelam domestik dan mancanegara.
Gorontalo juga memiliki tiga titik penyelaman bangkai kapal tenggelam (wreck dive), yakni di lokasi tenggelamnya kapal kargo Jepang dan kapal Portugis di Kota Gorontalo, serta titik yang baru ditemukan, yakni bangkai kapal yang terletak di Kabupaten Bone Bolango.
Selain memiliki perairan yang tenang Gorontalo juga memiliki karang keras dan terbaik yang pernah ditemui oleh penyelam. Di antara sekian banyak penyelam yang telah di lakukan masih belum cukup untuk menjelajah alam bawah laut untuk menemukan yang belum di lihat oleh Penyelam.
Daya tarik Gorontalo bagi penyelam adalah beranekaragamannya lingkungan laut, dari tebing-tebing karang yang menakjubkan sampai bangkai-bangkai kapal yang misterius dan  tiang-tiang karang yang menjulang, dari gua-gua yang gelap sampai taman-taman karang dangkal yang bercahaya di bawah sinar matahari…Gorontalo bawah laut adalah sekeping surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar