Sabtu, 07 November 2015

Alat-Alat Off Road

815aZGk5g-S._SL1500_

Offroad di Bandung-PT. Indonesia Overland Group : Alat-Alat Offroad

Anda penggemar offroad?  Sudah pernah mencoba offroad? Sudah tahu tentang alat-alat yang harus dibawa saat offroad?
Kegiatan Offroad merupakan salah satu olah raga extreme yang pada saat ini digandrungi oleh para penyuka pacuan adrenalin. Banyak orang yang menganggap bahwa olahraga otomotif ini merupakan olahraga yang mahal dan berbahaya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena olah raga offroadsesungguhnya merupakan jenis olahraga yang menyenangkan, kita tidak perlu menggunakan kendaraan yang canggih, namun cukup membekali diri dengan kendaraan yang berpenggerak 4X4, menggunakan ban jenis M/T (Mud Terrain) atau A/T (All Terrain) dan piranti keselamatan diri seperti sabuk keselamatan.
Kegiatan atau olahraga Offroad juga dapat mengasah skill mengamudi kita dan sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan rekan-rekan para offroader. Terjebak/stuck merupakan saat-saat dimana kendaraan yang kita kendarai tidak dapat melalui medan yang sedang dilewati. Kejadian Stuck merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan offroad, bahkan bagi beberapa orang, kejadian stuck merupakan cerita tersendiri yang menarik untuk diceritakan. Kondisi stuck juga dapat menjadi tolok ukur sejauh mana kemampuan mengemudi kita dan juga kendaraan kita.
Untuk lolos dari kondisi stuck tersebut, maka sebaiknya kendaraan offroad dilengkapi dengan alat-alat tersebut dibawah ini:
  1. Winch
Alat ini biasanya terletak didepan kendaraan, alat yang memiliki fungsi umum sebagai penarik ini dapat digunakan pada saat kondisi terjebak/stuck. Misalkan kita sedang terjebak di lumpur yang cukup dalam/terlalu licin. Dalam kondisi seperti ini, pengemudi maupun navigator dapat keluar dari kendaraan, mengulur sling/kabel winch ke sebuah winching point (titik dimana kita bisa mengkaitkan ujung sling winch kita, dapat dikaitkan ke sebuah pohon dengan menggunakan tree strap). Kesalahan dalam penggunaan winch dapat mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan offroad kita mengenali dan belajar menggunakannya.
bandung offroad

  1. Hi Lift Jack
Hi lift jack berfungsi sebagai dongkrak pada kendaraan-kendaraan offroad yang menggunakan ban dengan ukuran diatas 29 inch. Selain berfungsi sebagai dongkrak, Hi lift Jack juga dapat digunakan sebagai alat recovery pada saat kondisi stuck. Misalnya long tie rod kendaraan bengkok karena terhantam batu atau kayu, maka piranti ini dapat berfungsi sebagai tuas pengungkit untuk meluruskan kembali tie rod yang bengkok tersebut. Bahkan pada kondisi yang lebih ekstrim, hi lift jack dapat berfungsi sebagai pengungkit untuk mengangkat roda dari lubang dimana pada bagian roda tersebut terperosok.
bandung offroad
  1. Alat Tambal Ban
Alat tambal ban yang dimaksud bukan yang seperti kita temui di pinggir-pinggir jalan di Indonesia, tetapi alat tambal ban khusus untuk ban dengan tipe tubeless, alat tambal ban ini terbuat dari karet panjang dan dilengkapi alat yang mirip dengan obeng untuk menusukkan karet tersebut ke dalam lubang pada ban kita.
bandung offroad
Nah semoga info tadi bermanfaat untuk penggemar offroad. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar