Kamis, 12 November 2015

Mewaspadai bahaya di Medan Offroad

DSC_0119

Offroad Bandung

Apa sebenarnya hal berbahaya di medan offroad yang harus diwaspadai ?
Apa yang harus di lakukan ketika menemui bahaya di medan offroad yang penuh tantangan ?
Apa yang pertama kali harus diperhatikan ? , Ada beberapa perhatian yang harus diwaspadai saat akan melewati jalur Offroad yaitu, penguasaan mobil, kecepatan mobil, keseimbangan pada mobil, dan kekuatan ban dalam mencengkram jalan. Seperti yang sudah kita ketahui jalur Offroad sangat bermacam – macam ada jalan tanah, jalan berbatu, dan ada beberapa jenis rintangan yang dapat dilalui oleh medan Offroad bandung.
Selain medan Offroad tersebut kondisi jalanpun juga sangat mempengaruhi tingakt kesulitan saat mengendarai mobil Offroad, misalnya jalan licin, jalan menurun, jalan menanjak, dan jalan berair. Jalan – jalan tersebut pasti kita temukan saat melakukan aktivitas Offroad, dan tentunya dapat menjadikan tantangan tersendiri bagi para pelaku Offroader, dan berikut adalah beberapa tips untuk melewati bebera macam rintangan dalam bermain Offroad.

Cara Aman Melewati Medan Offroad bandung Yang pertama adalah saat melewati jalur Offroad para pengemudi dituntut untuk mendapatkan kecepatan mobil yang optimal dan mobil dalam keadaan stabil. Pada umumnya kecepatan harus diperoleh adalah 10 sampai dengan 30km perjam. Jika kecepatan terlalu tinggi mobil akan sulit dikendalikan, sementara kecepatan yang rendahpun tidak diperbolehkan karena mobil tidak akan berjalan dengan stabil karena lintasan Offroad yang bervariatif.

Yang kedua adalah saat melewati jalan dengan kontur tanah para pelaku Offroad bandung sering mengalami kejadian Understeer atau Oversteer atau yang bisa disebut dengan kehilangan kendali pada ban depan dan belakang. Jika para pelaku Offroader mengalami situasi seperti ini gerakkanlah kemudi stir mengikuti arah tergelincirnya roda ban, dengan begitu kita akan dapat kembali menguasai kendaraan, dan jika sudah menguasai mobil putar kearah jalur yang benar atau berlawanan dengan arah tergenlincir tersebut.
 Cara Aman Melewati Medan Offroad bandung
 Yang ketiga adalah saat melewati jalan berbatu pengemudi harus menjaga RPM mobil dengan cukup stabil dan selalu menjaga kecepatan mobil. Hal yang sering terjadi pada pengemudi saat melintas di jalur berbatu adalah mogok, dikarenakan gas yang dimainkan tidak stabil dan cukup rendah. Bagi para pelaku Offroader yang menemukan hambatan seperti ini, yang perlu dilakukan adalah kemampuan mengemudi dan harus memperhatikan batu yang akan dilalui terdapat lumpur atau tidak, dan pastikan ban dapat tergelincir atau tidak. Yang paling penting adalah selalu gunakan gigi satu saat kondisi sulit seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar