Senin, 02 November 2015

Rahasia di Balik Gunung Tangkuban Perahu

Sangkuriang dan dayang sumbi, merupakan tokoh di balik legenda Tangkuban perahu yang kini telah menjadi salah satu Objek Wisata Bandung yang selalu ramai pengunjung, sekilas legenda menceritakan bahwa seorang putri mahkota dari seorang ratu yang bernama dayang sumbi, dimana anak dari dayang sumbi tersebut (Sangkuriang) menendang perahu hingga menangkub (terbalik) karena tidak jadi menikah dengan dayang sumbi yang sebenarnya adalah ibunya sendiri.

Kini Gunung yang masih Menyimpan berjuta misteri itu berubah menjadi salah satu objek Wisata Bandung Favorit para wisatawan baik Domestik maupun Asing, dengan keunggulannya ialah kawah – kawah hasil letusannya menjadi andalan objek wisata gunung Tangkuban Perahu, yang memiliki ketinggian 2084 mdpl dengan 13 kawah yang tersebar kawasan puncak gunung Tangkuban Perahu mamainkan peranan penting dalam pengemabangan tinggi Parahiyangan. Erupsi sangat berkontribusi ke bukit Utara Bandung dengan Lahar mengalir ke lembah dan menjadi batu, sehingga membentuk batuan – batuan yang bagus.

Begitu juga aliran lumpur telah membentuk gradient Core semi-sircular, yang sekarang merupakan sebuah massa yang terendapkan di lembah kuno di dekat sungai citarum di Padalarang (kurang lebih 18 KM dari Barat kota bandung ), hal ini menyebabkan terbentuknya sebuah Danau yang meliputi seluruh Bandung. Gunung Tangkuban Perahu telah mengalami beberapa kali letusan,  di lihat dari 2 abad terakhir gunung ini meletus di tahun 1929.Akibat seringnya gunung ini meletus, sehingga banyak kawah yang terbentuk di sekitarnya, diantaranya ialah :

Kawah Ratu
Kawah UpasKawah DomasKawah BaruKawah JurigKawah BadakKawah JurianKawah SilumanKawah Serta Paguyuban Badak
Pada tahun 1969 pun tangkuban perahu mengalami erupsi dengan stadium awal(kecil), dan pada tahun 1992 terjadi erupsi yang cukup besar hingga objek Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu pun ditutup selama beberapa hari, karena aktivitas seismic yang luar biasa tinggi dan dikhawatirkan terjadi letusan . di Utara lereng gunung terdapat Death Valley(Lembah Kematian), karena sering terakumulasi oleh Gas beracun.meski kawah – kawah nya terlihat berbahaya namun pemandangan eksotis dari atas ketinggian Gunung Tangkuban Perahu menjadi pemandangan yang luar biasa dan lebih indah dari Bukit Moko.

Ingin berwisata ke Gunung ?

Dengan paket wisata yang terjangkau ?

Datang saja ke Wisata Bandung TRAVATOUR , solusi wisata murah anda, dengan pelayanan yang ramah dan berkualitas namun tetap terjangkau, coba saja kunjungi alamat kami  di

Datang ke alamat kami di :

Wahana Bakti Pos , 5th floor. Bridge office
Jln. Banda no. 30 Bandung – 40115 Jawa Barat ,  Indonesia
Phone : (+62 ) 22 617 433 11
Fax      : (+62 ) 22 421 3546
Mobile Phone : ( +62 ) 853 2148 3672 / ( +62 ) 813 2192 6481
Information : info@travatour.com
Airline Ticketing : ticketing@travatour.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar