Senin, 02 November 2015

Keindahan Pulau Moyo


Sudahkah anda tau tentang keindahan Pulau Moyo?

Bila anda masih belum mengetahui tentang Pulau Moyo mari simak Artikel berikut yang di ulas oleh Wisata Bandung. Moyo memang terdengar gak asing bagi orang desa karena Moyo merupakan nama  orang jadul di desa hehehe…

Pulau Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Untuk mencapai Pulau Moyo sangatlah mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km Utara Sumbawa Besar. Atau bila tidak ingin repot, Hotel Tambora dan Kencana Beach Hotel di Sumbawa Besar, bisa mengatur perjalanan menuju pulau ini. Ai Bari yang dalam bahasa Samawa berarti air asin, merupakan kampung nelayan yang miskin fasilitas, namun dari orang Samawa, Bajo dan Bugis yang menghuni daerah ini, sangat ramah.

Saat kunjungan yang terbaik pada musim kemarau yakni bulan Juni sampai dengan Agustus akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April.

Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut. Selain itu Pulau Moyo memiliki hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Selain itu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau.

Bila ingin snorkeling atau menyelam, kawasan sekitar pulau Moyo menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan pula sponge (spon) dan crustacea.

Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Lau t Pulau Moyo. Anda bisa menghubungi Laguna Biru Resort yang berada di pinggiran kota Sumbawa Besar. Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Pcrjalanan biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Menikmati keseluruhan surga Objek Wisata Pulau Moyo Sumbawa Nusa Tenggara Barat, tentulah tidak cukup dalam waktu sehari. jika ingin menginap, di pulau ini terdapat resor yang menyediakan fasilitas menginap dengan menggunakan tenda yang terjamin aman. Selain itu, karena pengunjung Pulau Moyo berasal dari mancanegara, maka tak heran jika dipulau kecil ini juga tersedia fasilitas internet dan dokter.

Sebagai salah satu Tujuan Wisata Pulau, Pulau Moyo memang tidak sepopuler pulau-pulau yang menjadi surga wisata lainnya, seperti Pulau Bali ataupun Pulau Lombok. Namun, siapa sangka bahwa Objek Wisata Alam Indonesia ini telah menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia yang kerap dilirik oleh para selebritis, seperti Almarhum Putri Diana dan Mick Jagger, yang pernah merasakan Wisata Pulau Moyo ini.

Nah itulah keindahan Pulau Moyo yang dapat disajikan oleh Wisata Bandung, bagaimana? anda tertarik untuk mengunjungi? Bila anda ingin mengunjungi kami Trava Tour ( Wisata Bandung ) siap mengantar anda, di jamin harga terjangkau. Untuk hubungi kami anda bisa hubungi di.

Travatour (Wisata Bandung)
Wahana Bakti Pos , 5th floor. Bridge office
Jln. Banda no. 30 Bandung – 40115 West Java Indonesia
Phone : 022 617 433 11
Fax : 022 421 3546
Mobile Phone :0853 2148 3672 / 0813 2192 6481
Information : info@travatour.com
Airline Ticketing : ticketing@travatour.com
Tour Reservation : reservation@travatour.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar