Jumat, 20 November 2015

Modifikasi Mobil Offroad

Buat anda para pembaca yang memiliki pemikiran serupa, gak heran.  Awalnya saya juga punya pemikiran begitu laa wong buat olahraga, buat medan berlumpur dan melintasi jalan terjal kok masih di Modifikasi segala. Tetapi setelah saya mengetahui tujuan Modifikasi Mobil Offroad ini cuman bilang ooo.. !! gitu toh.

Ternyata Mobil offroad yang di Modifikasi tujuannya adalah untuk kenyamanan saat berkendara melewati medan air yang dalam, bebatuan, serta jalan berlumpur. Yang rencananya para Montir dan pengguna Mobil Offroad ini menginginkan body yang besar, suntikan tenaga yang melimpah, serta sistem suspensi yang ekstrim sehingga mampu melewati medan yang tidak biasa, seperti bebatuan dan medan miring. Tetapi kebanyakan orang lebih memilih tidak mengeluarkan uang terlalu banyak yang penting nyaman, sehingga kebanyak orang memodifikasi mobilnya hanya meninggikan mobilnya saja yaitu dengan cara mengganti suspensi dan ban yang besar.


Pada dasarnya ada dua prinsip meninggikan mobil untuk offroad (lift up), yaitu suspension lift-up dan body lift-up. Dua cara ini punya banyak keuntungan dari mulai semakin luasnya ruang ban besar, ground clearance maksimal, kemampuan offroad yang meningkat dari mulai menjajal handicap sulit hingga masuk ke medan berair yang cukup dalam.


Kedua prinsip tadi bisa di aplikasikan masing-masing atau dikolaborasikan yang penting anda sudah punya konsep yang jelas, untuk apa di lift-up.. karena cara ini emang hemat, jadi jangan sampai bikin kita membabi buta ,apapun langkah yang diambil, telilti dulu apakah pitman arm, slang rem, shoc absorber dan bump stopper perlu ikut diperpanjang atau tidak.


Per Keong dengan Gardan Rigid


Ada dua cara umum untuk menggunakan jenis ini. pling gampang pake spacer 50mm di dudukan per, travel akan tetap tapi turunnya per keong jadi nambah ground clearence, sebaiknya dibarengi shock panjang.. dengan ini karakter karakter kendaraan anda akan berubah. Kalau masih kurang tinggi artinya perlu lift-up kit, maksimal 50mm untuk yang bodinya tidak terlalu besar, kalau yang lebih bisar bisa sampai 80mm. Jangan lupa batang kolong mobil (traction bar & lateral bar) juga perlu penyesuaian.


Per Daun dengan Gardan Rigid


Mengeroll per standar dengan tinggi sekitar 50mm, dengan ini travel bertambah, shock juga sama perlu ganti yang lebih panjang, tapi seiring waktu jarus di roll ulang, soalnya pasti balik lagi


Ganti Shackle atau Anting Per


Memanjangkan shackle bisa dilakukan maksimum 2 kali ukuran standarnya gan. Cara ini ga terlalu banyak merubah karakter, soalnya strukter juga tetep, hampir sama dengan over axle (mindahin per ke atas gardan) yang ga terlalu banyak ngerubah, kalo masih kurang tinggi, selipin blok spacer aja diantara gardan dan per nya.


Torsion Bar


Cara ini bisa dibilang gampangtoleransi sampai 50mm bisa disesuaikan dengan penyetelan batang torsi standar, perhatikan juga selang rem gan biar ga kecekek gitu juga pitman arm dan shock apa masih mampu ga mengcounter travel baru, dan yang paling penting perhatikan tinggi idealnya juragan sekalian



Body-Lift

Cara ini adalah mengganti mounting body standar, tebelnya sekitar 30 sampai 50mm, kalo lebih dari itu juga ga bagus karena gerak bodi dan sasis ga kompak bahannya kebanyakan pake karet polyurethane. cara ini hanya akan menaikan body, suspensi tidak terpengaruh sama sekali tetapi akan membuat getaran suspensi teredam, karena karet diantara body dan sasis.


Kit Lift-Up


Ada banyak paket lift up ditawarkan , tergantung kebutuhan anda sekalian, sesuai harga dan spek yang dibutuhkan. selalu memperhitungkan kebutuhan medan yang akan dilalui adalah cara terbaik dalam membeli paket lift up, sebaiknya jangan hanya terpengaruh akan iklan yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar